makalah metodologi Penelitian tentang "Ragam Penelitian "


TUGAS KELOMPOK
MAKALAH  METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
DI SEKOLAH DASAR
Ragam Penelitian Pendidikan
                                                                                          
Dosen Pengampu:
Edo Dwi Cahyo, M.Pd

LOGO SEKOLAH TINGGI.jpg

Di susun oleh kelompok 2 :
1.      M. Idham Haqi
2.      Sulistriani
3.      Yulia Asmara Dewi

SEMESTER VI B


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
(STKIP PGRI) METRO
T.A 2015/2016

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan sebuah makalah ini dengan baik,  makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh Dosen mata kuliah kami. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP PGRI).

Serta tak lupa salam dan shalawat kami ucapkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya diakhir zaman. Semoga kita selalu dalam ajarannya. Amiin.

Dalam penyusunan makalah ini, agar memper mudah mempelajari dan memahami materi statistika bagi mahasiswa dalam menganalisa atau mengkaji materinya tersebut. Kami merasa banyak kekurangan maupun kesalahan baik teknis penulisan maupun materi kami mohon maaf, mengingat keterbatasan waktu, tenaga & kemampuan yang ada, Untuk itu kami menerima saran dan kritik. Kemudian tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam penyelesaian makalah ini.



Metro, 05  April  2016



Tim penyusun Kelompok 2



DAFTAR ISI


HALAMAN DEPAN..................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................. iii

BAB  I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang.......................................................................................... 1
1.2.Rumusan Masalah....................................................................................... 1
1.3.Tujuan Penulisan ........................................................................................  1

          BAB II PEMBAHASAN
2.1. Definisi Penelitian ....................................................................................  2
2.2. Ragam Penelitian Pendidikan.................................................................... 2

BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan................................................................................................ 9
3.2. Saran.......................................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA






BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      Latar Belakang
Pendidikan sebagai ilmu pengetahuan relative masih tergolong baru jika dibandingkan  dengan imu-ilmu  pengetahuan yang lainya seperti : sosiologi, antropologi, psikologi dan yang lainya. Dalam perkembangan ilmu pendidikan sebagai ilmu pengetahuan, ilmu kebutuhan membutuhkan bantuan  ilmu pengetahuan seperti psikologi dll.
Penelitian adalah art and science guna mencari jawaban terhadap suatu permasalahan. Karena seni dan ilmiah maka penelitian juga akan memberikan ruang-ruang yang akan mengakomodasi adanya perbedaan tentang apa yang dimaksud dengan penelitian (Yoseph dan Yoseph, 1979).Era modern ini, semua aktivitas selalu mempunyai runjukan dan pedoman. Karena hal itu menunjang kesuksesan dan kekonkritan segala aspek. Oleh karena itu sebuah penelititanpun juga harus mempunyai rujukan yang jelas dan dapat dijadikan pegangan. Metode penelitian terbagi menjadi dua, yaitu metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif mempunyai cirri khas angka, atau perhitungan. Berbeda dengan kualitatif, yang cenderung pada proses penelitian.

1.2.  Rumusan Masalah
1.            Apa itu definisi Penelitian ?
2.            Apa Saja Ragam Penelitian Yang ditinjau ?

1.3.  Tujuan Penulisan
1.            Untuk mengetahui apa itu definisi penelitian sd.
2.            Untuk mengetahui penelitia yang ditinjau dari pendekatan bidang ilmu dll.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1.  Definisi Penelitian
Penelitian adalah suatu proses yang dilakukan untuk mendapatkan data atau informasi yang kita butuhkan dimana data yang telah diperoleh tersebut akan diolah lagi menjadi suatu bentuk kumpulan hasil penelitian. Penelitian dapat dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang membentuk team untuk melakukan penelitian. Dalam hal ini proses penelitian harus mempunyai sumber penelitian yang akan diteliti oleh seseorang atau team yang akan meneliti. Sumber penelitian tersebut dapat berupa benda hidup maupun benda mati karena proses penelitian disini hanya untuk mencari informasi mengenai sumber yang telah diteliti.

Dalam penelitian ada beberapa jenis atau ragam penelitian dipandang dari sudut pandang yang berbeda.Penelitian yaitu kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yg dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.

2.2.      Ragam Penelitian Pendidikan

1.    Penelitian ditinjau dari tujuannya
Menurut tujuannya, penelitian dapat dikelompokkan menjadi penelitian murni dan terapan. Gay ( 1977 ) menyatakan bahwa sebenarnya sulit untuk membedakan antara penelitian murni ( dasar ) dan terapan secara terpisah, karena keduanya terletak pada satu garis kontinum. Penelitian dasar bertujuan untuk mengembangkan teori dan tidak memperhatikan kegunaan yang bersifat praktis. Penelitian dasar pada umumnya dilakukan pada laboratorium yang kondisinya terkontrol dengan ketat. Penelitian terapan dilakukan dengan tujuan menerapkan, menguji, dan mengevaluasi kemampuan suatu teori yang diterapkan dalam memecahkan masalah-masalah praktis. Jadi penelitian dasar berkenaan dengan penemuan prinsip-prinsip itu. Contoh penelitian murni: pengaruh pemberian stimulus terhadap respon pada binatang. Hasil penelitian ini kemudian diterapkan pada manusia, misalnya pengaruh pemberian intensif terhadap perilaku kerja. Berdasarkan tujuanya penelitian dibedakan menjadi  empat yaitu :
a.          Penelitian eksploratif. Penelitian eksploratif adalah penelitian yang berusaha menemukan sebab akibat dari suatu peristiwa atau kejadian. Penelitian ini dapat pula diartikan sebagai penelitian yang bertujuan menemukan problematika baru.
b.         Penelitian pengembangan (development). Adalah penelitian yang berusaha mengadakan percobaan dan menyempurnakan terhadap sesuatu yang telah ada.
c.          Penelitian verikatif. Adalah penelitian yang mengecek kebenaran hasil penelitian lain pada tempat sama tetapi waktu berbeda. Pengertian lain penelitian verifikatif adalah penelitian yang bertujuan untuk menguji kebenaran suatu pengetahuan atau teori
d.         Penelitian kebijakan. Adalah penelitian yang dilakukan oleh suatu institusi atau lembaga dengan tujuan untuk membuat langkah-langkah antisipatif guna mengatasi permasalahan yang mungkin timbul dikemudian hari.

2.            Penelitian ditinjau dari pendekatan
Dilihat dari pendekatannnya penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu pendekatan longitudinal (bujur) dan cross-sectional (silang). Pendekatan pertama melakukan penelitian berdasarkan pada periode waktu tertentu, biasanya waktunya lama, misalnya seorang peneliti melakukan penelitian perkembangan kemampuan berbicara anak mulai umur 10 bulan s/d 24 bulan. Sebaliknya pendekatan kedua peneliti melakukan studi kemampuan berbicara anak mulai dari yang berumur 10 bulan s/d 24 bulan secara serentak dalam waktu yang bersamaan.




 Penelitian yang ditinjau dari pendekatan, menurut J.W. creswell  ada dua yaitu :
a.       pendekatan bujur (longitudinal). Adalah pendekatan dimana peneliti melakukan penelitian pada subjek pada sebuah fase secara berturut-turut dalam waktu yang sama. Contohya, seorang peneliti mengadakan pencatatan terhadap kemampuan seorang anak sd mulai dari duduk di bangku kelas 1 sampai kelas 6 secara berturut-turut setiap tahun pad bulan yang sama.
b.      Pendekatan silang (cross-sectional). Adalah pendekatan penelitian dimana peneliti mengadakan pencatatan terhadap subjek peneliti yang berbeda secara serentak. Contohnya, seorang peneliti yang mengadakan pencatatan terhadap kemampuan anak sd secara serentak pada waktu yang sama.

3.            Penelitian ditinjau dari bidang ilmu
Dalam persepktif ini maka jenis penelitian dibagi berdasarkan disiplin ilmu masing-masing, misalnya penelitian pendidikan, penelitian teknik, penelitian ekonomi dll.nya. Ragam penelitian ditinjau dari bidangnya adalah: penelitian pendidikan (lebih lanjut lagi pendidikan guru, pendidikan ekonomi, pendidikan kesenian), ketekhnikan, ruang angkasa, pertanian, perbankan, kedokteran, keolahragaan, dan sebagainya.

Penelitian ditinjau dari bidang ilmu dibagi menjadi dua yaitu :
a.       Penelitian social. Adalah penelitian yang secara khusus meneliti bidang-bidang social seperti, ekonomi, pendidikan, hokum dan sebagainya.
b.      Penelitian eksakta. Adalah penelitian yang secara khusus meneliti bidang eksata seperti kimia, fisika, dan sebagainya.

4.      Penelitian ditinjau dari tempatnya
Jika dilihat dari tempat atau latar dimana seorang peneliti melakukan penelitian, maka jenis penelitian ini dibagi menjadi tiga, yaitu: a) penelitian laboratorium, b) penelitian lapangan, c) penelitian perpustakaan. Penelitian laboratorium biasanya dilakukan dalam bidang ilmu eksakta, misalnya penelitian kedokteran, elektro, sipildll.nya. Penelitian lapangan biasanya dilakukan oleh ilmuwan social dan ekonomi dimana lokasi penelitiannya berada di masyarakat atau kelompok manusia tertentu atau objek tertentu sebagai latar dimana peneliti melakukan penelitian.

Penelitian perpustakaan dilakukan di perpustakaan dengan melakukan kajian terhadap literature, penelitian sebelumnya, jurnal dan sumber-sumber lainnya yang ada diperpustakaan. Dengan semakin canggihnya teknologi informasi, maka penelitian jenis ini saat ini tidak harus dilakukan di perpustakaan secara fisik, tetapi juga dapat dilakukan dari lokasi mana saja dengan memanfaatkan Internet sebagai media untuk mencari informasi di perpustakaan-perpustakaan di seluruh dunia yang membuat data mereka dapat diakses secara langsung oleh pengguna secara gratis dan kapan saja.

Dengan kata lain enelitian yang ditinjau berdasarkan tempatnya adalah :
a.       Penelitian lapangan ( field research). Adalah penelitian yang dilakukan secara langsung atau kepada responden.
b.      Penelitian kepustakaan (library research). Adalah penelitian kepustakaan yang dilaksanakan dengan menggunakan literature (kepustakaan), baik berupa buku,catatan, maupun laporan hasil penelitian dari peneliti terdahulu.
c.       Penelitian raboratorium (laboratory research). Adalah penelitian yang dilakukan pada tempat tertentu dan iasanya bersifat eksperimen atau percoban.

5.      Penelitian ditinjau dari hadirnya variabel.
Variabel adalah hal-hal yang menjadi objek penelitianyang ditatap dalam suatu kegiatan penelitin (point to be noticed) yang menunjukan variasi baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Dari istilah variabel itulah mengandung makna “variasi” variabel juga disebut dengan istilah ubahan karena dapat berubah-ubah atau bervariasi. Dari sumber lain variabel adalah hal-hal yang menjadi objek penelitian yang nilainya belum spesifik (bervariasi).



Penelitian ini ditinjau dari hadirnya variabel terbagi menjadi dua yaitu :
a.       Penelitian deskriptif. Adalah penelitian yang dilakukan terhadap variabel yang dat-datanya sudah ada tanpa proses manipulasi data masalalu dan sekarang.
b.      Penelitian eksperimen. Adalah penelitian yang dilakukan terhadap variabel yang data-daanya belum ada, sehingga perlu dilakukan  proses manipulasi melalui pemberian treatment atau perlakuan tertentu terhadap subjek penelitian yang kemudian diamati/diukur dampaknya (data yang akan datang).

Ada beberapa jenis variabel yaitu :
a.       Variabel yang bersifat public dan privat
Ø  Variabel public merupakan variabel yang menunjukan cirri-ciri suatu objek yang telah diketahui oleh umum, misalnya: jeni kelamin, ras dan pekerjaan
Ø  Variabel privat merupakan variabel yang menunjukan cirri-ciri tertentu yang secara pasti dpat diketahui, tetapi orang lain tidak berhak untuk mengetahuinya.
b.      Variabel permanen dan temporal
Ø  Variabel permanen adalah variabel yang menunjukan cirri-ciri yang tetap dan tidak berubah dalam jangka panjang, misalnya jenis kelamin, ras, dll
Ø  Variabel temporalmerupkn variabel yang menunjukan cirri-ciri tertentu yang cukup mudah untuk berubah, misalnya: sikap, opini dan tingkah laku
c.       Variabel bebas dan terikat
Ø  Variabel bebas. Merupakan variabel yang memengaruhi variabel lain atau menghasilkan  akbat pada variabel lain, yang pada umumnya berada  dalam urutan tata waktu yang terjadi lebih dulu.
Ø  Variabel terikat. Merupakan variabel yang diakibatkan atau dipengaruhi oleh variabel bebas.
d.      Variabel pendahulu. Merupakan variabel yang mempunyai kedudukan sebagai variabel yang mendahului terjadinya variabel independen.
e.       Variabel antara. Merupakan variabel yang terletak diantara variabel independen dan variabel dependen
f.       Variabel control. Merupakan variabel yang dibuat konstan, sehingga tidak mempengaruhi variabel utama yang diteliti.
g.      variabel penekanan. Merupakan suatu variabel yang mengubah kekuatan hubungan dua variabel.
h.      Variabel pengganggu. Merupakan variabel yang dapat merubah arh hubungan diantara dua variabel.

6.      Penelitian  ditinjau dari Kuantitatif dan Kualitatif
Penelitian Kuantitatif adalah penelitian yang dituntut menggunakan angka-angka sedangkan Penelitian kualitatif adalah penelitian yang seringkali dipergunakan dalam penelitian- penelitian ilmu sosial. Hal ini dirasakan perlu karena fenomea sosial seringkali tidak bisa ditujukan secara kuatitatif. Ini berarti bahwa penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif saling melengkapi.

Jenis-jenis Penelitian Kualitatif diantaranya :
1. Penelitian deskriptif
    Yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan suatu realitas tertentu atau dirancang untuk megumpulkan informasi tentang keadaan-keadaan nyata yang sedang berlangsung.
2.  Penelitian Eksplorasi yaitu Penelitian yag dilakukan untuk penjelajahan terhadap topik atau masalah yang belum banyak mendapatkan perhatian dan memiliki permasalahan yang terbuka luas untuk diteliti dan belum ada hipotesa.
3. Penelitian Eksploratif yaitu penelitian yang digunakan utuk menjelaskan fenomena sosial bedanya dengan eksplorasi adalah metode ini perlu adanya hipotesa karena penelitian ini bertujuan untuk penguji hipotesa.








Ø   Perbedaan antara Kuantitatif dan Kualitatif 
No
Penelitian Kuantitatif
Penelitian Kualitatif
1.
Kejelasan unsur : tujuan, pendekatan, suubjek, sumber data sudah mantap dan rinci sejak awal.
Kejelasan unsur : subjek sampel, sumber data tidak mantap dan rinci, masih pleksibel, timbul dan berkembangnya sambil berjalan (emergen)
2.
Langkah Penelitian : segala sesuatu yang direcanakan sampai matang ketika persiapan disusun.
Langkah Peelitian : baru diketahui dengan mantap dan jelas setelah penelitian selesai.
3.
Dapat menggunakan sampel , dan hasil penelitiannya diberlakukan untuk populasi.
Tidak dapat menggunakan pendekatan populasi dan sampel. Dengan kata lain, dalam penelitian kualitatif tidak dikenal istilah populasi dan sampel belum selesai istilah yag digunakan adalah setting.   
4.
Hipotesis : (jika memang perlu) :
a.       megajukan hipotesis yang akan diuji dalam penelitian.
b.      Hipotesis menghasikan yang diramalkan--- a priori.
Tesis :
a.          tidak mengemukakan hipotesis sebelumnya tetapi dapat lahir selama penelitian berlangsung --- tentatif
hasil penelitian terbuka.
5.
Desain : dalam desain jelas langkah-langkah penelitian dan hasil yang diharapkan.
Desain : desain penelitiannya adalah pleksibel dengan langkah dan hasil yang tidak dapat dipastikan sebelumnya. 
6.
Pengumpulan data : kegiatan dalam pengumpulan data memungkinkan untuk diwakilkan.
Pengumpulan data : kegiatan pengumpulan data selalu harus dilakukan sendiri oleh penelilti.
7.
Analisis data : dilakukan setelah semua data terkumpul.
Pengumpulan data : dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data.


BAB III
PENUTUP

3.1.  Kesimpulan
         Penelitian adalah suatu proses yang dilakukan untuk mendapatkan data atau informasi yang kita butuhkan dimana data yang telah diperoleh tersebut akan diolah lagi menjadi suatu bentuk kumpulan hasil penelitian.

Ragam penelitian pendidikan yaitu :
1.      Penelitian ditinjau dari tujuannya.
2.       Penelitian ditinjau dari pendekatan.
3.      Penelitian ditinjau dari bidang ilmu.
4.      Penelitian ditinjau dari tempatnya.
5.      Penelitian ditinjau dari hadirnya variabel.
6.      Penelitian  ditinjau dari Kuantitatif dan Kualitatif

3.2.  Saran
Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan. Kami tetap berharap makalah ini tetap memeberikan manfaat bagi pembaca. Namun, saran dan kritik yang sifatnya membangun dengan tangan terbuka kami terima demi kesempurnaan makalah dimasa yang akan datang.










DAFTAR PUSTAKA

Suranto. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan dengan Program  
                SPSS.   2009. Semarang. CV. Ghiyas Putra.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PEMBELAJARAN TERPADU tentang " Hakikat Pembelajaran Terpadu"